KEUTAMAAN MENUNTUT ILMU DI MASA KECIL DAN ANJURAN UNTUK MENUNTUT ILMU DI MASA KECIL,Bab 21

Bismillah


‎السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
‎بسم الله الرحمن الرحيم ۞
‎الحمد لله رب العلمين ۞
‎والصلاة و السلام على رسول الله ﷺ
‎وبعد :
🔊🕔
‎نسأل الله عز وجل أن يرزقنا علما نافعا و عملا صالحا. و أن يكون هذا العمل خالصا لوجهه تعالى.

📗  KITAB SHAHIH JAMI' BAYAANIL 'ILMI WA FADHLIH
IBNU ABDIL BAAR


BAB 21
KEUTAMAAN MENUNTUT ILMU DI MASA KECIL DAN ANJURAN UNTUK MENUNTUT ILMU DI MASA KECIL


Dari Al Hasan Al Basri ,  ia berkata :
" Menuntut ilmu hadits di masa kecil itu seperti melukis di batu/seperti mengukir batu “. Artinya sangat kuat sekali.

Berkata Al Hasan bin Ali  pada anaknya dan anak saudaranya :
Pelajarilah ilmu. Karena sekarang kalian masih kecil. Dan kelak kalian akan menjadi besar. Siapa diantara kalian yang tidak bisa menghafal, hendaklah menulis .

Dari Urwah bin Zubair , ia berkata kepada anak anak nya :
Hai anak anakku ... orang yang tidak butuh kepada Ulama biasanya anak anaknya. Maka kemarilah kalian, belajarlah dariku. Sesungguhnya kelak nanti kalian akan menjadi orang orang besar di kaum kalian. Dahulu aku kecil, tidak ada orang yang mau melihatku. Ketika aku telah besar dan dewasa dan telah tua, orang orang pun bertanya kepadaku. Tidak ada sesuatu atas seseorang yang lebih ia sesali daripada ketika ia ditanya tentang suatu permasalahan dari masalah agama, ternyata ia tidak mengetahuinya .

Kemudian beliau pun membawakan atsar dan perkataan perkataan ulama yang lain.

Dari Ibnu Abbas , ia berkata :
_Ketika Rasulullah ‎ﷺ meninggal dunia, aku masih muda. Lalu aku berkata kepada seorang pemuda dari Anshor. " Hai fulan ... ayo kita bertanya kepada para sahabat Rasulullah ‎ﷺ . , kita menuntut ilmu dari mereka". Mereka masih banyak. Lalu orang itu berkata " Aneh sekali kau Ibnu Abbas, apakah kamu menganggap bahwa orang orang akan butuh kepada kamu? Sementara para sahabat Rasulullah ‎ﷺ masih banyak di muka bumi ini" _ .

Ibnu Abbas berkata :
_Maka aku tinggalkan orang itu. Lalu akupun bertanya kepada para sahabat Rasulullah ‎ﷺ. Sampai sampai aku mendatangi seorang sahabat untuk bertanya tentang suatu hadits yang sampai kepadaku bahwasanya ia mendengar langsung dari Rasulullah ‎ﷺ . Ternyata ketika aku sampai di rumahnya, ia sedang tidur siang. maka akupun kemudian membuat bantal dari selempangku dan akupun tidur di depan pintunya dan tersapu  oleh angin wajahku sehingga ia pun keluar dari rumahnya. Dan ternyata ia terkejut karena aku berada di depan rumahnya sedang tidur. Lalu ia berkata " Hai anak paman Rasulullah ‎ﷺ , mengapa engkau disini?". Aku berkata " Sengaja aku datang kemari untuk menuntut hadits. Katanya engkau mendengar langsung dari Rasulullah ‎ﷺ . Maka aku ingin mendengarnya dari engkau". Orang itu berkata " Kenapa kamu tidak mengutus seseorang kepadaku supaya aku mendatangi kamu?". Ibnu Abbas berkata " Tidak, engkau lebih berhak untuk aku datangi". _ .

Kemudian setelah para sahabat banyak yang meninggal dunia, si pemuda yang aku ajak menuntut ilmu dan bertanya kepada para sahabat itu berkata " Kamu ternyata memang lebih berakal dariku".

*Ini artinya si pemuda yang dahulu diajak oleh Ibnu Abbas untuk bertanya kepada para sahabat Rasulullah ‎ﷺ , setelah para sahabat banyak yang meninggal dunia; ternyata ilmu mereka telah dikuasai oleh Ibnu Abbas. *

Maka si pemuda itu menyesal dan berkata " Kamu memang lebih berakal dariku".

Berkata Ibnu Umar :
Tafaqquh lah/ menuntut ilmu lah sebelum kalian kelak nanti disibukkan dengan kepemimpinan dan yang lain .

Dari Abdullah bin Mas'ud , ia berkata :
_Menuntut ilmu lah ... !. karena salah seorang dari kalian tidak tau kapan akan disibukkan . Artinya ketika kita masih punya waktu untuk menutut ilmu, maka gunakan waktu kita semaksimal mungkin. Karena kalau sudah sibuk nanti kita tidak lagi bisa menuntut ilmu. Ahirnya kita hanya hanya bisa menyesal _ .

Maka dari itu, semenjak kecil, anak anak hendaknya betul betul kita didik untuk semangat dalam menutut ilmu Allah سبحانه و تعالى . Sehingga ketika besar, mereka telah banyak menguasai ilmu dan itu tentunya sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh ummat .

Allahu A'lam. 🌼

Ustad Badrussalam Lc. hafidzohulloh
Blog, Updated at: 5:56 AM

0 comments:

Post a Comment

Blog Arcive

Random Posts